Pertemuan 1

PENGERTIAN DAN ISTILAH DALAM USAHA JASA MICE


Pengertian MICE
Menurut Pendit (1999:25), MICE diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan : usaha jasa konvensi, perjalanan insentifdan pameran merupakan usaha dengan kegiatan memberi jaspelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.
Sedangkan menurut Kesrul (2004:3), Mice sebagai suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan sekelompok orang secarbersama-sama, rangkaian kegiatannya dalam bentuk meetings, incentive travels, conventions, congresses, conference dan exhibition.


Bentuk & Istilah MICE : 

1. Meeting (M)
Meeting adalah istilah bahasa inggris yang berarti rapat, pertemuaatau persidangan. Meeting merupakan suatu kegiatan yantermasuk di dalam MICE.
Menurut Kesrul (2004:8), Meeting Suatu pertemuan atapersidangan yang diselenggarakan oleh kelompok orang yantergabung dalam asosiasi, perkumpulan atau perserikatan dengatujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan sumber daya manusia, menggalang kerja sama anggota dan pengurus, menyebarluaskan informasi terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan.
Menurut Kesrul (2004:3), Meeting adalah suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan orang secara bersama-sama
                                                       
2. Incentive (I)
Undang-undang No.9 tahun 1990 yang dikutip oleh Pendit (1999:27), Menjelaskan bahwa perjalanan insentive merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatperusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalapenghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.
Menurut Kesrul (2004:18), bahwa insentive merupakahadiah atau penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan, klien, atau konsumen. Bentuknya bisa berupuang, paket wisata atabarang.
Menurut Any Noor (2007:5) yang dikutip dari SITE 199dalam Rogers 2003, juga memberikan definisi mengenai incentivadalah incentive travel is a global management tool that uses aexceptional travel experience to motivate and/or recognizparticipants for increased levels of performance in support of the organizationagoals.
3. Conference (C)
Menurut (Pendit,1999:29), Istilah conference diterjemahkadengan konferensi dalam bahasa Indonesia yang mengandunpengertian sama.
Dalam prakteknya, arti meeting sama saja dengan conference, maka secara teknis akronim mice sesungguhnyadalah istilah yang memudahkan orang mengingatnya bahwa kegiatan-kegiatan    yang                    dimaksud             sebagai perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan sebuah meeting, incentive, conference dan exhibition hakekatnya merupakan sarana yang sekaligus adalah produk paket-paket wisata yang siap dipasarkan. Kegiatan-kegiatan ini dalam industri pariwisata dikelompokkadalasati kategori, yaitu mice.
Menurut Kesrul, (2004 :7), Conference atau konferensi adalah suatu pertemuan yang diselenggarakan terutama mengenabentuk-bentuk tata karena, adat atau kebiasaan yang berdasarkan mufakat umum, dua perjanjian antara negara-negara parpenguasa pemerintahan atau perjanjian internationamengenatopitawanan perang dan sebagainya.

4. Exhibition (E)
Exhibition berarti pameran, dalam kaitannya dengan industrpariwisata, pameran termasuk dalam bisnis wisata konvensi. Hal indiatur dalam Surat Keputusan Menparpostel RI Nomor KM. 108 / HM. 703 / MPPT-91, Bab I, Pasal 1c, yang dikutip oleh Pendit (1999:34) yang berbunyi  Pameran merupakan suatu kegiatauntuk menyebar luaskan informasi dan promosi yang adhubungannya dengan penyelenggaraan konvensi atau yang ada kaitannydengan pariwisata
Menurut Kesrul (2004:16), exhibition adalah ajang pertemuan yang dihadiri secara bersama-sama yang diadakan di suatu ruanpertemuan atau ruang pameran hotel, dimana sekelompoprodusen atau pembeli lainnya dalam suatu pameran dengan segmentasi pasar yang berbeda.


Pertimbangan Pelaksanaan Mice
Menurut Kesrul (2004:9), dalam penyelenggara kegiatan MICEada beberapa hayanperlu diperhatikanantara lain:

1Penetapan lokasi dan ruang MICE
a. Dalam penentuan terjadi 2 kemungkinan sebagai berikut :
- Pihak klien yang menetapkan dan mengkonfirmasikan lokasi tempapenyelenggaraannyaPihaperencana tidak meneruskaproses lebih lanjut.
- Perencana mutlak menentukan lokasi dan tempat pertemuan, misalnya menyelenggarakan suatu seminar atau workshop atau konferensi.
b. Pertimbangan tempat penyelenggara secara geografis dengan spread othe person attending terlalu jauh dartempapeserta, kecuali khususnya seperti no.1b, peserta yang memerlukan sekali seminar dan konferensi tersebut.
c. Pertimbangan dalam menentukan kondisi sekitar lokasi dimana pertemuaakan digelar.

2. Perlengkapan fasilitas MICE
Menurut Kesrul (2004:90) Perlengkapan fasilitas dapelayanan kesekretariatan dari pertemuan atau konferensi amaberagam sehingga tidak ada standar yang berlaku umum.Dalam menentukan perlengkapan suatu pertemuan perlu memahamdengan seksambeberapa haberikut :
- Jenis pertemuadan lamanya - Jumlapeserta
- Jumlaruangan yandibutuhkan
- Jenis dan jumlah equipment yang diperlukan - Bentupengaturan tempat duduk
- Akomodasi peserta mice 

3. Penanganan transportasi
Meeting planer atau PCO bertanggung jawab dalapengaturan transportasi bagi keseluruhan peserta MICE. MenuruKesrul (2004:104), ada enam point dalam pengaturan transportasi yaitu :
- Transprtasi udara
- Airport shuttle service
- Multiple property shuttle - VIP transportation
- Locatour
- Staff transportation.

4. Pelayanan makanan dan minuman
Menurut Kesrul (2004:113), Mengemukakan bahwa agaacara pertemuan atau konferensi berjalan dengan lancar dan mengurangi complaint makanan dan minuman. Seorang meeting manager perlu memeriksa lokasi dan penempatan reguler food anbeverage, room service and banquet capabilities. Evaluasi kualitas makanan dan minuman meliputi appearance and attractiveness, cleanliness, dan jenis serta variasi makanan dan minuman pada saat ramai (peak hours) untuk mengetahui ketersediaan stok

pelayanan dan keterampilan. Termasuk harga yang sesuai dengapenawaran, di samping itu apakah perlu melakukan pemesanaterlebih dahulu. Apakah restaurant tersebut melayani permintaan khusus atau tambahan menyangkut lay out dan jenis makanan dan minuman.

5. Akomodasi
Berikut ini daftar penanganan akomodasi yang harudcek: - Akomodasi sesuai harapan peserta
- Penginapan : Jumlah kamar, tipe kamadan tempatidur
- Kamar gratis untuk panitia atau komite : jumlah, tipe, dafasilitas yang harus dibayar
- Kamar khusus untuk organisasi dan tamu resmi : jumlah, tipedan harga


Berdasarkan hasil pemetaan dari KEMENPAREKRAF RI tahun 2013 maka terdapat 9 Kriteria Destinasi MICE, yaitu :
1. Aksesibilitas
2. Dukungan Stakeholde
3. Tempat-tempat Menarik
4. FasilitaAkomodasi
5. Fasilitas Meeting 
6. FasilitaPameran
7. Citra Destinasi
8. Keadaan Lingkunga
9. Profesionalisme SDM


Istilah & Unsur-unsur Dalam MICE
1. Delegate (Delegasi) adalah peserta resmi atas undangan dan telateregistrasi dapat bersifat perorangan atau mengatas namakaperwakilan perusahaan, asosiasi, pemerintah dari dalam maupun luar negeri yang turut serta secara aktif dalam penyelenggaraan konvensi.
2. Co-Delegate (Delegasi Pembantu) adalah peserturutan kedua darpeserta utama (delegate) yang memiliki fungsi, tugas, hak dakewajiban yang sama sebagapeserta aktif dalam penyelenggaraan konvensi.
3. Accompaniying Person adalah pendamping peserta yang tidak memiliki hak dan kewajiban sebagai peserta aktif dan biasanyterdiri para isteri, anak, staf dari peserta aktif konvensi.
4. Spouse adalah isteri para peserta aktif yang turut mendampingdalam kegiatan konvensi. Observer adalah pengamat resmi yantelah teregistrasi dalam penyelenggaraan konvensi dan tidak memiliki hak dan kewajiban sebagaimana peserta aktif (biasanyberasadarunsur perwakilanegara, asosiasi).
5. VVIP adalah pejabat penting dari pemerintah, asosiasi yang mempunyai hak previlage / kehormatan dalam penyelenggaraan konvensi.
6. Decision Maker adalah pejabat eksekutif yang mempunyai wewenang untuk mengambil suatu keputusan terhadap penetapatempapenyelenggaran konvensi.
7. Professional Convention Organizer (PCO) adalah usaha jasa konvensi, perjalanan insentif dan pameran yang telah mendapatkan lisensi untuk merencanakan, mengorganisir suatu kegiatan MICE serta dan memberikan jasa pelayanan bagi para pelaku dalam kegiatan tersebut.
8. Steering Committee (SC) adalah Komite / Panitia Pengarah yanterdiri dari sekelompok orang yang memiliki kredibilitas tertentu yang ditunjuk dan diangkat berdasarkan keputusan yang mempunyai     tugas memberikan                pengarahan                tentang konsep/pola/bentuk penyelenggaraan konvensi.
9. Organizing Committee (OC) adalah Komite / Panitia Penyelenggara yang dibentuk berdasarkan keputusan yang terdiri dari sekelompoorang yang memiliki kemampuan sesuai dengan kriteria yandibutuhkan dalam rincian kegiatan dengan tugas merencanakan, mempersiapkan dan menyelenggarakan kegiatan konvensi.
10.Host Country adalah negara / daerah yang menjadi tuan rumapenyelenggaraan konvensi.
11.Convention Bureau adalah suatu wadah / asosiasi dari kumpulapara pengusaha penyedia tempat / venue konvensi di suatdaerah atau negara dan secara resmi dapat menjadi anggota dari InternationaConvention Bureau.
12.Supplier Wisata Konvensi adalah suatu badan hukum atau usaha konvensi perorangan atau sekelompok orang yang menyediakan sarana wisata konvensi maupun jasa berupa venue, akomodasi, fasilitadan saranhiburan, perjalanan, rekreasi dan souvenir.
13.Sponsor Ship adalah badan hukum, asosiasi, sekelompok oranatau organisasi, anggota masyarakat afiliasi, perusahaan, badausaha swasta / pemerintah, instansi pemerintah atau dermawaperorangan yang memberikan kontribusinya berupa dukungan materiil budgetair atau non budgetair dalam masalah pendanaapenyelenggaraan konvensi (biasanya memuat suatu kompensasi imbaladari penyelenggara).
14.Official Programme adalah susunan acara kegiatan resmi yandapat diikuti oleh delegasi dan co delegasi secara keseluruhan sedangkan pendamping / pengikut / observer hanya dapat mengikuti sebagian acara dari official programme.
15.Pre & Post Conference Tour adalah penyelenggaraan perjalanan wisata khusus yang diperuntukan bagi delegasi konvensi yandiadakan sebeluatau sesudah konvensi.
16.Social Event adalah acara kegiatan sosial yang diberikan kepadpara delegasi konvensi beserta pendamping berupa pertemuan selamat datang (welcome party), malam kesenian serta acara khusubagi para wanita (ladieprogramme).
17.Technical Visit adalah acara resmi mengunjungi obyek yanbersifat tehnis yang ada hubungannya dengan tema pokopenyelenggaraan konvensi.
18.Bid atau invitasi adalah suatu usaha untuk mengajukapermohonan / penawaran mengundang calon pemrakarsa konvensi agar menyelenggarakan kegiatan konvensinya di negara / tempapengundang.
19.Bid Document adalah dokumen yang berisi permohonan resmi untuk pengajuan suatu penyelenggaraan konvensi yang disusun secara lengkap.
20.Exhibitor adalah sekelompok orang yang memamerkan hasil karyanya baik berupa produk maupun jasa kepada para delegasi konvensi dengan tujuan komersiil.
21.Professional Exhibition Organizer (PEO) adalah badan usaha yanbertugas merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakapenyelenggaraan suatu pamerasecara profesional.
22.Both Contractor adalah badan usaha yang menyediakan, menyewakan dan menata peralatan stand pameran dari partisi-partisi berikut dengan tata lampu, meja kursi, serta perlengkapan lain yang dibutuhkan dalam suatu pameran secara profesional.

Sumber Referensi :






6. MICE 3 MICE ISTILAH - AC Koestomo.PDF

7. Kolom Selasar MICE dan Tajuk Majalah Venue Edisi Februari 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Informasi Teknologi MICE

Curhat dulu !! haha

Jangan Mati Sebelum Berarti!