Business Plan ( Cartoon Hotel )


Introduction
1.  Business Description
Cartoon Hotel adalah hotel bintang 3 dengan konsep interior berdisain cartoon, seperti cartoon Doraemon, Stitch, Hello Kitty, Spongebob,larva dan masih banyak lainnya. Cartoon Hotel menawarkan kenyamanan dengan desain yang unik yang akan membuat customer merasa seolah-olah berada di dunia cartoon yang sesungguhnya. Jadi yag datang ke Hotel ini tak hanya penyuka salah satu cartoon tertentu saja karena di Hotel ni tersedia berbagai macam desain cartoon. Cartoon Hotel menyediakan fasilitas yang cukup mewah dan juga unik, seprti kolam renang yang berbentuk Cartoon Hello Kitty, selain itu ada restaurant, ballroom dan parking area yang luas. Cartoon hotel juga menyediakan tempat pertunjukan yang menampilakan atraksi-atraksi cartoon sehingga seolah-olah para tamu berada di dunia cartoon, fasilitas pertunjukan ini bertujuan untuk menghibur para tamu.



2.  Business Formation
Perusahaan ini dimulai oleh Transcorp ditahun 2014. Bentuk perusahaan adalah perusahaan terbatas. Didirikan di Indonesia dengan akta notaris nomor : D512105 , perusahaan akan  memperkejakan kurang lebih 150 orang.

3.  Managers/Directors
Direktur perusahaan adalah Sinta Mawardini,S.Par,MM.
Dewan Manager/direksi saat ini terdiri dari investor-investor dan PT Trancorp yang masing-masing memilki tanggungjawab utama untuk perusaan misi hotel dan akuntabilitas hukum bagi operasinya.
Dewan manager / Direksi lebih lanjut memastikan sumber daya manusia dan keuangan.

4.  Managent Team
Kami memiliki karyawan yang telah ahli atau profesional di bidang hotel, satu sama lain saling meyakikan bahwa semuanya dapat bekerjasama dalam satu tim dengan baik. 


Executive Summary
1.  Vission Business
Membuat tamu senang dan fun saat menginap di Cartoon Hotel, dan membuat tamu memiliki pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.
Main Gols : Cartoon Hotel berada dipusat kota dan dekat pusat perbelanjaan terbesar dikota Bandung.  Membangun  pasar yang kuat dan mengelola management dengan baik.

2.  Mission Business
Menjadi Hotel yang menarik dengan pelayanan terbaik minimal di Jawa Barat. Dengan cara memperlakukan tamu dengan etika yang baik dan menjunjung tinggi ke ramah tamahan.

3.  Business Ideas
·         Kami berencana menciptakan hotel dengan lingkungan yang nyaman dan meneyenagkan dengan semua nuansa cartoon.
·         Tamu akan dimanjakan dengan pelayanan yang sangat baik, dengan memperlakukan tamu seperti keluarga sendiri sehingga tamu merasa nyaman.
·         Kami menyediakan sebuah ruangan sebagai tempat attraksi untuk menghibur tamu. Ditempat tersebut tamu akan merasa seolah-olah berada di dunia cartoon. Tamu dapat mengunakan kostum tokoh cartoon sesuai dengan yang diinginkan.
·         Kami menyediakan roomtheater yang akan menayangkan berbaai jenis film cartoon.
·         Kami juga menyediakan souvenir jenis-jenis cartoon sesuai dengan bentuk aslinya.






Marketing Strategy
1.  Marketing Promotion Strategy
Kami berusaha menciptakan awarness dan membanun hubungan denna custumer dalam jangka panjang. Perusahaan kami akan memasarkan hotel denan cara mengiklankan dimedia elektronok seperti televisi, radio dan memanfaatkan media internet. Serta pada awal tahun kami akan mengadakan event agar hotel kami dapat diketahui masyarakat. Event cartoon akan dilaksanakan setiap tahunnya sebaai agenda rutin dihotel kami sebagai salah satu cara menarik minta custumer untuk datang ke Cartoon Hotel.

2.  Marketing Mix
v  Product : Rooms
v  Price (rate) :
1.  Price for weekday
Standar rooms              à Rp. 700.000,00
Superior rooms              à Rp. 780.000,00
Deluxe rooms                à Rp. 900.000,00
Suite rooms                 à Rp. 1.200.000,00

2.  Price for weekend :
Standar rooms              à Rp. 750.000,00
Superior rooms              à Rp. 840.000,00
Deluxe rooms                à Rp. 1.000.000,00
Suite rooms                 à Rp. 1.300.000,00

v  Place : Cartoon Hotel berada di tempat yang strategis di kota Bandung yaitu  Jl. Dago No.51 Bandung
v  Promotion    
Cartoon Hotel  melakukan promosi melalui iklan sebagai salah satu strategi untuk menyebaran informasi tentang Cartoon Hotel yang direncanakan dengan periklanan yang efektif dan efisien. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk pemasaran Cartoon Hotel diantaranya sebagai berikut :
ü  Penyebaran brosur pada lokasi yang terdapat konsentrasi masyarakat.
ü  Pemasangan spanduk-spanduk dan baligho pada lokai-lokasi yang strategis di kota Bandung dan sekitarnya.
ü  Menyebar informasi tertulis pada beberapa media cetak dan elektronok seperti  Koran, televisi, radio dan memanfaatkan media internet.
ü  Membuat  Website mengenai Cartoon Hotel dengan informasi yangg lenkap untuk memudahkan cutomer

3.  Production Strategy
Positioning hotel       : Cartoon Hotel akan memposisikan diri sebagai a new, unique, inovative and best service with fun atmosphere.
Personal Plan : accounting, engineer-plant, hotel accommodations, security, F&B, house keeping, marketing, sales, education training.
v  Jenis Kamar
1.     Standar rooms    : 30 rooms
2.    Superior rooms   : 15 rooms
3.    Deluxe rooms      : 10rooms
4.    Suite rooms         : 5 rooms





4.  Tujuan Perusahaan

v  Jangka Pendek          : Mempromosikan perusahaan kami kepada masyaraka,  khususnya para pecinta cartoon agar perusahaan kami dikenal dan diketahui, sebagai hotel yang bernuansa serba Cartoon dengan interior berbagai macam jenis cartoon.
v  Jangka Menengah     : Diharapkan perusahaan kami mendapatkan profit yang baik serta dapat diterima oleh masyarakat.
v  Jangka Panjang         : Diharapkan perusahaan kami mampu berkembang dan dapat bersain secara baik dan sehat, serta mampu membangun citra yang baik di tengah masyarakat.







Struktur Organisasi
General Manager



Directur
General Manager
F&B Manager
FO Manager
Marketing Manager
HR Manager
Excecutive Housekeeper



Nama Susunan Pengurus :
·         Director                         : Sinta Mawardini, S.Par, MM.
·         General Manager             : Teguh Alghafar
·         Executive Manager          : Agung Andrian
·         Marketing Manager         : Ayu Wahyunisari
·         F&B Manager                   : Lala Nurmala
·         FO Manager                    : Zes Melita
·         HR Manager                    : Charien Aliva
Job Description
v  Owner
Ø  Sebagai Pemilik Modal
Ø  Sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam perusahaan.
Ø  Mempunyai hak dan tanggung jawab sepenuhnya dalam Perusahaan.
v  Director
Ø  Sebagai pemimpinm Perusahaan
Ø  Sebagai pengambil keputusan bai perusahaan
v  General Manager
Ø  Mengawasi berlangsungnya kegiatan operasianal semua depertemen
Ø  Bertanggung jawab kepada owner
Ø  Mengelola seluruh kegiatan dengan sebaik-baiknya
v  Executive Housekeeper
Ø  Mengawasi berlangsungnya kegiatan housekeeping dan publik area
Ø  Memberikan laporan kepada General Manager
v  Marketing Manager
Ø  Memasarkan produk atau jasa yang ada di hotel
Ø  Mengawasi seluruh kegiatan pemasaran
Ø  Melaporkan seluruh kegiatan kepada General Manager
v  F&B Manager
Ø  Mengawasi berlangsungnya kegiatan F&B
Ø  Melaporkan seluruh kegiatan keoada General Manager

v  FO Manager
Ø  Mengawasi berlangsungnya seluruh kegiatan yang ada di Front Office
Ø  Melaporkan seluruh kegiatan kepada General Manager
v  HR Manager
Ø  Merekrut pegawai baru
Ø  Mengawasi kinerja karyawan
Ø  Melaporkan seluruh kegiatan kepada General Manager

Product Development Strategy

Dalam pengembangan  Cartoon Hotel kami melakukan beberapa strategy, yaitu :
§  Mengembangkan Sumber Daya Manusia.
§  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan promosi.
§  Membuat inovasi baru dengan kreatif.
§  Membuat promo atau discount bagui para tamu.


Financial Plan
1.  Struktur Modal
Sumber Dana
Persentase
Alokasi Dana
Investasi pemilik
50%
Rp.550.000.000,-
Investor
30%
Rp. 330.000.000,-
Pinjaman dari Bank
20%
Rp. 220.000.000,-
Bunga 10 %


Total
Rp 110.000.000.000,-

2.  Biaya Investasi
Jenis Kebutuhan
Anggran Dana
Jumlah
Jumlah Total
Tanah
Rp 50.000/m2
2000 m2
Rp.  100.000.000,-
Ijin Perencanaan&Bangunan
Rp 5.000.000,-
1
Rp.5.000.000,-
Fasilitas &peralatan kamar
Rp 14.000.000,
      60
Rp.  840.000.000,-
Bangunan
Gedung hotel
Rp 50.000.000.000,-
1
Rp.50.000.000.000,-




Jetpam
Rp 1.000.000,-
8
Rp. 8.000.000,-
Fasilis dan peralata dapur
Rp.135.000.000,-
-           
Rp. 85.000.000,-
Peralatan Kantor
Rp 6.450.000,-
6
Rp.38.700.000,-
Desain cartoon
Rp 100.000.000,-
-
Rp.100.000.000,-
Souvenir+ costum cartoon
Rp.70.000.000,-
-
Rp. 70.000.000,-
Lisensi
Rp. 50.000.000,-
-
Rp. 50.000.000,-
Total
Rp 51.296.700.000,-





3.  Biaya Persiapan/ Operasional
Jenis kebutuhan
Anggran Dana
Bulan
Jumlah Total
Gaji karyawan

Rp 300.000.000,-
(Rp.200.000 @150)

12 Bln
Rp  360.000.000,-
Biaya Promosi
Rp 15.000.000,-
-
Rp    15.000.000,-
Biaya Listrik,air&telepon
Rp 4.000.000,-
12 Bln
Rp    48.000.000,-
Biaya Adm
Rp 1.000.000,-
12 Bln
Rp      12.000.000,-
Biaya tak terduga
Rp 700.000,-
12 Bln
Rp      8.400.000,-
Biaya operasional
Rp 1.000.000,-
12 Bln
Rp    12.000.000,-
Asuransi karyawan
Rp.300.000.000,-
-
Rp. 300.000.000,-
Total
Rp 755.400.000,-





Business Analysis
1.  Analisis SWOT
v  Strengths (Kekuatan)
-          Cartoon Hotel Berada dilokasi yang sangat strategis
-          Tempat tersebut sangat cocok bagi para konsumen yang ingin merasakan seolah-olah berada didunia Cartoon karena desain hotel ini bernuansa serba cartoon.
-          Fasilitas yang ada cukup lengkap dan unik dibandingkan dengan hotel lain.
-          Memberikan pengalam yang berbeda saat menginap di Cartoon Hotel
v  Weakness (Kelemahan)
-          Keterampilan para pekerja yang belum sesuai standar perusahaan
-          Belum dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia
v  Oppurtunities (Kekuatan)
-          Meningkatkan paket produk-produk baru.
-          Bekerjasama dengan perusahaan Tour and Travel.
-          Berusaha membuka cabang di kota besar lainnya.
-          Wilayah pemasaran yang luas.
v  Threats
-          Adanya pesaing-pesaing yang berusaha menjadikan dirinya lebih unggul
-          Adanya perusahaan lain yang sejenis dengan perusahaan kami.


2.  Analisis MatriKs SWOT


Strenghts (S)
-  Cartoon Hotel Beradadilokasi yang sangat strategis
- Tempat tersebut sangat cocok bagi para konsumen yang ingin merasakanseolah-olahberadadidunia Cartoon karenadesain hotel inibernuansaserba cartoon.
- Fasilitas yang adacukuplenkapdanunik hotel lain.
- Memberikan memberikanpengalam yang berbedasaatmenginap di Cartoon dibandingkandengan
Hotel

Weakness (W)


Keterampilan para pekerja yang belumsesuaistandarperusahaan
-Belumdapatmenjangkauseluruhwilayah Indonesia

Opportunities (O)
-Meningkatkan paket produk-produk baru.
-Bekerjasamadenganperusahaan Tour and Travel.
-Berusaha membuka cabang di kota besar lainnya.
Wilayah pemasaran yang luas
SO Strategi

Mengembangkansumberdayamanusia.
- Menguasaipasar agar dapatmenambahdiversifikasiproduk.
- Memperluasjaringandistribusiuntukmeningkatkankerjasamaantarperusahaan.
WO Strategi

- Mengadakanpromosibesar-besaranpadaawalperiode.
-Mengadakankerjasamadengan media-media perantara agar proses promosilebihmudahdanlancar.
- Terusmenambahpengalamanbisnis, seiringberjalannyakinerjaperusahaan.
Threats (T)
-Adanyapesaing-pesaing yang berusaha menjadikan dirinya lebih unggul
-Adanyaperusahaan lain yang sejenis dengan perusahaan kami.

ST Strategi
-Tetapmempertahankancirikhasdankeunikanproduk.
- MemberikanbeberapaPromobagiperusahaan yang bekerjasamadenganperusahaankami.
- Menetapkan supplier untukmenghindarikelangkaanbahan-bahanpelengkap.
WT Strategi
-Mempertahankankualitasprodukuntukmeningkatkankepercayaanpelanggan.
- Meningkatkankinerjaperusahaan agar mampubersaingsecarasehat.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Informasi Teknologi MICE

Curhat dulu !! haha

Cara Menjaga Hati Agar Tetap Bersih