Cara Menjaga Hati Agar Tetap Bersih

Agar hati kita tetap bersih ada cara yang di anjurkan oleh agama kita seperti :

Yang pertama, bacalah Alquran beserta maknanya. Resapilah dan hayati, ini adalah obat hati nomer satu, karena dengan kita sering membaca Alquran maka makna yang terkandung di dalam Alquran pasti akan tercermin dalam tingkah laku kita sehari-hari dan akan membersihkan hati kita.

Yang kedua, mendirikan shalat malam (Tahajud). Seperti yang sudah kita ketahui, shalat tahajud sangat banyak manfaatnya, antara lain, untuk menguatkan jiwa, sebagai sarana bertaubat, mempermudah segala macam urusan, terapi hawa nafsu, memberikan ketenagan jiwa dan masih banyak lagi.

Yang ketiga, berkumpulah dengan orang sholeh. Dengan berkumpul dengan orang sholeh maka jelas semua tingkah laku kita akan jauh dari hal-hal maksiat. Disamping itu akan menambah kadar keimanan dan keislaman dalam diri kita serta dapat dijadikan sarana sebagai alat pertukaran kaidah ilmu agama.

Yang keempat, Memperbanyak dzikir di malam hari. Dengan memperbanya dzikir maka kita akan dapat mengontrol diri kita dari berbagai kegiatan-kegiatan yang tidak perlu, karena dengan dzikir akan selalu mengingatkan kita kepada Allah SWT. Dzikir juga akan dapat mengontrol emosi kita dan akan menjadikan kita lebih sabar.

Yang kelima, jauhi perkumpulan-perkumpulan yang tidak perlu. Karena dengan ikut dalam perkumpulan, maka akan dapat menyebabkan fitnah atau gosip yang akan merusak pahala puasa kita.

Terakhir adalah, jauhilah tayangan-tayangan televisi yang dapat membuat kita berimajinasi yang jelek sehingga,  contoh : acara televisi yang banyak mengumbar aurat, acara yang memperlihatkan aksi kekerasan sehingga secara tidak sadar kita ikut mengumpat atau menyumpah di dalam hati, dll.


Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Informasi Teknologi MICE

Curhat dulu !! haha